Batu Secret Zoo Raih Penghargaan Dalam Perhelatan Hari Konservasi Alam Nasional 2016 di Bali - Jawa Timur Park 2

15 Agustus 2016
Comments: 1
15 Agustus 2016, Comments: 1

JawaTimurPark2 – Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) merupakan salah satu hari peringatan lingkungan hidup di Indonesia. Penyelenggaraan hari peringatan ini sebagai upaya kampanye kepada masyarakat akan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat.

HKAN diperingati setiap tanggal 10 Agustus. Peringatan ini telah dimulai sejak tahun 2009, di tahun 2016 ini peringatan HKAN diadakan di Taman Nasional Bali Barat, peringatan juga dibarengi dengan kegiatan Jambore Konservasi yang ke-3.

Salah satu tujuan peringatan HKAN adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menyelamatkan ekosistem alam. Edukasi tersebut dapat berupa memperkenalkan kepada masyarakat mengenai keanekaragaman hayati dan peran ekologisnya di alam, sehingga muncul rasa peduli dan bersama-sama menjadi aktor konservasi.

Tachrir Fathoni Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK RI mengatakan, “jika dipetakan, di Indonesia nampak yang paling hijau adalah hutan-hutan yang berada di kawasan konservasi,” Fathoni melanjutkan, “tantangan besar dari Indonesia adalah menjaganya, apalagi kita telah memiliki hari konservasi alam, yang kedua adalah kualitas dan kuantitas sumber daya manusia sebagai penjaga konservasinya”(kompasiana.com/biodiversitywarriors).

Pada kesempatan kali ini, Jawa Timur Park 2 melalui Batu Secret Zoo mendapat penghargaan dalam bidang konservasi satwa ex-situ terbaik se-Indonesia bersama 4 lembaga konservasi satwa yang lain. Penghargaan ini diterima oleh Batu Secret Zoo yang dianggap berhasil dalam pengelolaan ex-situ, yang meliputi :

  • Sarana dan prasarana yang memadai.
  • Kesejahteraan dan kesehatan satwa terjamin dan terjaga dengan baik.
  • SDM yang terdidik dan terlatih dalam merawat satwa ex-situ.
  • Habitat satwa yang sesuai dengan habitat aslinya.
  • Sistem pengelolaan Batu Secret Zoo yang terbangun secara profesional dan humanis.

Agus Mulyanto, General Manager Batu Secret Zoo mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa. ” Ini merupakan kerja keras kawan-kawan yang ada di lapangan, dan juga manajemen yang baik,” ujarnya. Dia berharap agar penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus berupaya menjaga konservasi satwa ex-situ agar lebih baik lagi. ” Kedepan kami berharap kebun binatang terbaik ke-9 se-Asia versi Tripadvisor ini menjadi lembaga konservasi percontohan untuk kebun binatang yang lain,” pungkasnya.

Diantara koleksi satwa endemik Batu Secret Zoo adalah Gajah Sumatra yang berjumlah empat ekor, satu jantan dan tiga yang lain betina. Keempat gajah ini pada hari Sabtu (13/8) kemarin mendapat kejutan istimewa dari para pawangnya, yaitu berupa tumpukan buah segar yang berbentuk tumpeng sebagai hadiah dalam peringatan Hari Gajah Dunia yang jatuh pada hari Jumat 12 Agustus 2016.(AiR)

Penghargaan Konservasi Satwa Ex-situ

General Manager Batu Secret Zoo, Drs. Agus Mulyanto bersama gajah sumatra menunjukkan Sertifikat Penghargaan dari KSDA.

 

konservasi satwa ex-situ

Ozi Sutarji, Mahout yang sudah 21 tahun merawat Gajah Sumatera.

 

Hari Gajah Dunia

Para Guide berpose bersama Gajah Sumatera dalam peringatan Hari Gajah Dunia yang jatuh pada tanggal 12 Agustus.

1190 Total View 2 View Today

One response on “Batu Secret Zoo Raih Penghargaan Dalam Perhelatan Hari Konservasi Alam Nasional 2016 di Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *